Kamis, 27 November 2014

Tiga Tuntutan Mahasiswa UNS Disetujui Rektor

Dwi Tyanto (dua dari kanan) PR III UNS saat memberikan keterangan pada para mahasiswa, Foto: Solorayaterkini/ Muna

Solorayaterkini, SOLO - Setelah menggelar aksi kurang lebih dua jam, akhirnya pejabat Rektorat UNS menemui para mahasiswa yang berunjuk rasa terkait Uang kuliah Tunggal (UKT). Dwi Tyanto Pembantu Rektor III UNS Solo mewakili Rektor UNS memberikan penjelasan kepada para mahasiswa tentang tiga permintaan yang mereka ajukan kepada pihak universitas tepat pukul 15.05 WIB.

“Permintaan kalian (mahasiswa UNS –red) akan kami penuhi. Akan segera kami verifikasi ulang UKT tahun 2013 dan 2014, serta dua tuntutan yang lain juga kami setujui. Kami sudah merundingkannya dengan pihak-pihak berwenang di setiap fakultas,” ujar Dwi Tyanto saat memberikan keterangan di depan pengunjuk rasa, Kamis (27/11/2014).

Selain verifikasi ulang UKT, dua tuntutan lain yang diajukan para pengunjuk rasa ialah transparasi kebutuhan mahasiswa angkatan 2014 dan memperbaiki sistem penggolongan. Namun, Dwi Tyanto mengingatkan para mahasiswa yang akan mengajukan pemindahan golongan UKT untuk tidak memanipulasi data.

“Jangan sampai nanti ada mahasiswa yang memanipulasi data keluarga, karena sangsinya akan berat. Ini pernah terjadi tahun 2010 lalu. jika ada yang mengajukan diri untuk pindah golongan UKT, tim dari UNS akan melakukan survei langsung ke rumah mahasiswa yang bersangkutan,” lanjut Dwi Tyanto.

Setelah petisi disetujui, akhirnya mahasiswa membubarkan aksi pukul 15. 20 WIB. Nurdin Hidayatullah koordinator aksi mengatakan akan terus memantau perkembangan yang dilakukan oleh pihak kampus terkait tuntutan mereka. Jika masih terjadi masalah, maka para mahasiswa akan melakukan aksi kembali dengan massa yang lebih banyak. (Muna, Fitri)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar