Senin, 01 Desember 2014

Kampanye HIV/Aids Sudah Digelar Kemarin

Foto: Solorayaterkini/ Muna
Solorayaterkini, SOLO – Tanggal 1 Desember, diperingati sebagai hari HIV/Aids sedunia. Namun, di Kota Solo sudah banyak masyarakat yang melakukan kampanye cegah HIV/Aids kemarin, Minggu (30/11/2014), di Car Free Day Jalan Slamet Riyadi Solo.
Pusat Informasi Kesehatan Mahasiswa (PIK-M) UNS Solo misalnya, salah satu unit kegiatan mahasiswa fakultas kedokteran UNS ini kemarin mengajak masyarakat Solo untuk mencegah HIV/Aids. Pik-M menyiapkan kain putih panjang yang akan diberi cap lima jari merah dan tanda tangan oleh para warga yang siap untuk menghindari berbagai faktor penyebab HIV/Aids.

“Memang dilaksanakan hari ini, di Car Free Day kan ramai dan mumpung hari libur. Kita juga melakukan long march menyuarakan masyarakat agar jangan jauhi orang yang terkena HIV/Aids, tapi jauhi penyakitnya . Selain itu, PIK-M juga mengadakan cek kesehatan gratis di dekat Taman Sriwedari,” kata Salma Afifah anggota PIK-M UNS.

Tak hanya PIK-M, Republik Aeng-aeng Solo juga berkampanye tentang pencegahan HIV/Aids. Mereka menggunakan manekin-manekin tubuh perempuan yang diberi tulisan  cegah HIV/Aids.
“Yang banyak kena HIV/Aids itu wanita, makanya kami gambarkan dengan manekin-manekin ini,” ujar Mayor Haristanto salah satu anggota Republik Aeng-aeng.

Di hari yang sama, Akademi Analis Kesehatan (AAK) Solo juga mengadakan kampanye anti narkoba. Narkoba adalah salah satu faktor yang dapat menyebabkan HIV/Aids. AAK melakukan long march dengan membawa replika jarum suntik dari Jalan Slamet Riyadi hingga Pasar Nonongan Solo. (Muna)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar