Minggu, 23 November 2014

Kenali dan Atasi Gejala Gangguan Kecemasan

Foto: Internet/ lakemaryphysicians.com

Pernahkah Anda merasa cemas yang berlebihan? Apakah Anda termasuk orang yang cemas ketika Anda berada di ruang yang gelap? Atau Anda orang yang khawatir ketika orang yang dekat Anda pergi dan membuat Anda berpikiran buruk tentang seseorang yang meninggalkan Anda?

Hal itu sebenarnya bisa disebut sebagai kekhawatiran yang normal, seandainya itu tidak menjadi kekhawatiran yang lebih besar. Kekhawatiran yang kuat kemudian membuat anda merasa gugup, susah tidur, dan menyita perhatian pikiran serta pikiran Anda.

Lalu apa sebenarnya kecemasan itu? Menurut D’Arcy Lyness, PhD, dalam reviewnya di laman teenhealth.org, Kecemasan adalah reaksi alami manusia yang melibatkan pikiran dan tubuh. Kecemasan adalah suatu sistem alarm yang diaktifkan setiap kali seseorang merasakan bahaya atau ancaman.

Ketika tubuh dan pikiran seseorang bereaksi terhadap bahaya atau ancaman seseorang akan mengalami sensasi kecemasan fisik, seperti jantung dan pernafasan lebih cepat, otot tegang, telapak tangan berkeringat, perut mual, dan tangan gemetar atau kaku. (Fitri)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar